Ternyata, Ini yang Bikin Turis Dunia Suka Menyelam di Laut Indonesia

JAKARTA, iNews.id – Sebagai negara kepulauan, Indonesia memiliki pesona bahari yang tak kalah indah dengan luar negeri. Ada banyak spot cantik yang diincar turis ketika ingin menjelajahi bawah laut Indonesia.

Mulai dari terumbu karang, biota laut yang unik hingga karakteristik laut Indonesia menakjubkan. Lantas, hal apa saja yang membuat turis mancanegara terpikat dengan laut Indonesia?

John Sidjabat selaku pemilik usaha selam dari Global Dive mengatakan, Indonesia memiliki laut yang indah. Turis dunia dari Eropa dan China paling banyak mendominasi datang ke Indonesia hanya untuk berwisata selam.

“Turis Eropa dan China suka dengan Bali, Bunaken, Maratua, Derawan, Raja Ampat. Apa yang highlight pasti diincar mereka,” kata John Sijabat dalam kegiatan Musyawarah Nasional II Perkumpulan Usaha Wisata Selam Indonesia (PUWSI), di Jakarta, Rabu (5/9/2018).

Menurut John, ada banyak site yang cantik di Indonesia bisa dijual ke turis untuk berwisata menyelam. Masing-masing laut memiliki karakteristik dan keindahannya. Misalnya di Tulamben, Karangasem, Bali Timur yang memiliki keindahan bawah laut menakjubkan karena ada kapal besar yang karam. Bahkan, Anda dapat menemukan aneka ikan unik mola-mola yang berbentuk pipih dengan kuping bulat. Ikan ini hanya ada saat memasuki Agustus.

“Pemula dan yang ahli akan nyaman untuk menyelam di Tulamben. Di sini ada kapal besar yang sudah karam. Tempatnya ini jadi menarik dan khas karena berada di laut dangkal. Hanya ada di sini dan siapa saja bisa menyelam,” kata Ketua PUWSI 2015-2018 ini.

Tak hanya Bali yang memiliki pesona bawah laut menakjubkan. Ketika berada di Ambon, Anda bisa menjumpai hewan laut langka yang hanya ada satu atau dua bulan saja.

“Derawan, Raja Ampat, Gorontalo, dan lainnya juga memiliki karakteristik tersendiri dan dapat memikat turis. Masih ada 600 lebih biota laut yang dapat dijumpai ketika menyelam di perairan Indonesia,” katanya.

Sementara itu, Abi Carnadie selaku instruktur selam dan Ketua Dewan Pengawas PUWSI mengatakan, wisata selam di Indonesia saat ini menunjukkan peningkatan signifikan. Bahkan, survei media internasional menunjukkan, Indonesia adalah destinasi selam terbaik dunia.

“Ada total lebih 35 site penyelaman yang tersebar dari Sabang sampai Merauke. Terbanyak di wilayah timur. Belum lagi kini kami kembangkan 10 destinasi Bali baru. Destinasi ini kami bilang sebagai unggulan,” kata Abi yang juga anggota Tim Percepatan dan Pengembangan Wisata Bawah Laut Kemenpar.

Menurutnya, pariwisata nasional menargetkan 20 juta kunjungan wisatawan mancanegara pada 2019. Dari target tersebut sebanyak empat juta wisman diharapkan datang dari wisata bahari, termasuk dari wisata selam.

Bahkan, Kemenpar menargetkan menambah realisasi untuk pengembangan wisata bahari mulai dari membangun 100 marina baru hingga menambah 100 dive operator baru pada 2019.

Editor : Tuty Ocktaviany

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *