PENGURUS PUWSI 2021-2023

KETUA UMUM :

ARIEF YUDO WIBOWO
Kontak : +62813 1407 5699 – ariefyudowibowo@gmail.com

Arief Yudo Wibowo atau kerap dipanggil Arief atau Yudo adalah pria yang baru menjadi Instruktur selam pada tahun 2018. Hobby fotografi, menulis dan memproduksi buku bertema keindahan alam bawah laut mengantarkannya mengunjungi banyak destinasi di Indonesia. Kancahnya di dalam Industri wisata selam bermula saat ia menjabat sebagai Managing Director media ScubaDiver Australasia edisi Indonesia dan menjadi inisiator acara forum bisnis wisata selam Indonesia yaitu forum diskusi multistakeholder serta workshop. Arief juga kerap menjadi pembicara dan juri untuk ajang foto bawah laut. Di awal pandemi ia juga turut membantu tim kecil perumus CHSE (Cleanliness, Health, Safety and Environmental Sustainability) yang digagas oleh Kemenparekraf untuk wisata selam hingga menjadi auditor dan telah purna tugas diakhir tahun 2020. Pria yang hingga saat ini menjabat sebagai Direktur dibidang usaha kreatif sempat membagikan pengalaman yang dia miliki sebagai dosen untuk prodi Event Universitas Prasetya Mulya dan saat ini masih menempuh program Doktoral bidang Manajemen Strategik di Universitas Padjadjaran.

KONTAK

Telp/whatsapp. +62813 1407 5699
email. ariefyudowibowo@gmail.com ; arief@photodivetrip.com
Instagram. @arief_jia
FB. Ariefyudo Wibowo

_____________________________________

SEKRETARIS JENDERAL :

RANI BUSTAR
Kontak : +62813 8910 8980 – aprikarani@gmail.com

Aprika Rani Hernanda yang lebih dikenal Rani Bustar adalah seorang pengusaha yang mengawali usahanya karena kecintaan pada laut Indonesia sekaligus keprihatinannya atas distribusi manfaat kekayaan alam dan laut yang tidak merata. Memiliki pengalaman sebagai jurnalis di media papan atas lebih dari 15 tahun memberikannya wawasan tentang pentingnya pembangunan yang seimbang antara ekonomi dan alam. Termasuk masih banyak pengelolaan laut yang tidak lestari. Dengan pengalaman itu dan bekal sebagai dive-pro SSI, Rani meninggalkan dunia jurnalistik dan beralih menjadi social-entrepreneur dengan mendirikan Kurabesi Grup yang memiliki lini usaha sertifikasi selam, operator liveaboard (LOB) dan environment hub.

KONTAK

Telp/whatsapp. +62813 8910 8980
email. aprikarani@gmail.com ; rani@kurabesi.com
instagram. @ranisdaily @kurabesiexplorer @kurabesidiveschool
FB. Rani Hernanda

_____________________________________

BENDAHARA UMUM :

LUCIA PALUPI
Kontak : +62812 9663 8948 – luciapalupi25@gmail.com

Lucia Palupi atau kerap disapa Uci, wanita kelahiran Jakarta ini mengawali karirnya sebagai penyelam di Jakarta, ketika ia telah menyelesaikan sertifikasinya sebagai Open Water Diver pada tahun 2006 lalu. Uci adalah Instruktur scuba yang dikenal bersemangat dalam mendidik siswanya setiap jenjang tingkatan. Uci memiliki prinsip “always do the diving safety procedure and continue your education in diving if you want to enjoy more of the underwater world” yaitu selalu berpegang teguh kepada prosedur keselamatan dan meningkatkan kemampuan menyelam untuk lebih menikmati keberagaman dunia laut. Prinsip tersebut ia buktikan dengan mendapatkan berbagai tingkatan sertifikasi, seperti: Advanced Open Water Diver, Rescue Diver, Divemaster, Open Water Scuba Instructor hanya dalam kurun waktu satu tahun, di tahun 2014.  Wanita yang juga memiliki karir sebagai penyanyi dan content creator ini juga aktif membuat campaign ke komunitas-komunitas tentang pentingnya prosedur keamanan di kalangan penyelam perempuan yang jumlahnya kian bertambah.

KONTAK

Telp/whatsapp. +62812 9663 8948
email. luciapalupi25@gmail.com ; divebox@odydive.com
Instagram. @oecioeci @odydivecenter
FB. Lucia Palupi / Ody Dive Center

_____________________________________

KETUA BIDANG HUBUNGAN KERJASAMA LEMBAGA/
DEPUTI KETUA UMUM

M. REZA ABDULLAH
Kontak : +62811 143 636 – m.reza.abdullah@gmail.com

M. Reza Abdullah adalah salah satu mahasiswa terbaik di Politeknik Negeri Jakarta jurusan MICE, Reza dengan percaya diri untuk memulai usaha sendiri di industri MICE di usia yg masih sangat belia. Seiring berkembangnya perusahaan, dia tumbuh sebagai pemimpin Royalindo. Nama Reza cukup dikenal di industri MICE karena menjadi inovator yang mengangkat namanya di Industri Asosiasi MICE Nasional dan Internasional. Dia sudah menjadi anggota Dewan Direksi AFECA (Asian Federation of Exhibition & Convention Associations), yang berlokasi di Singapura sejak 2010 dan merupakan anggota termuda yg memegang posisi ini, dikancah nasional beliau menjabat menjadi ketua konvensi pada ASPERAPI (IECA/Indonesia Exhibition Company Association), yang diakui sebagai Asosiasi Pameran terbesar di Indonesia. Reza memegang posisi bergengsi sebagai Promotion Director di INCCA (Indonesia Congress and Convention Association), yang diakui menjadi Convention Association terbesar di Indonesia. Reza juga seseorang diplomat ahli ketika bekerja bersama pemerintah Indonesia dan Korporasi. Prestasinya di dunia MICE membuatnya menerima hak Istimewa untuk menjadi Konsul Kehormatan Negara Pantai Gading.

KONTAK

Telp/whatsapp. +62811 143 636
Instagram. @r3za.abdullah @lagunagilidive
email. m.reza.abdullah@gmail.com

_____________________________________

KETUA BIDANG KEANGGOTAAN

ALVIN ADRIAN ARSELAN
Kontak : 0811-827-809 – alvin.arselan@gmail.com

Alvin Adrian Arselan pria kelahiran Prabumulih ini adalah pelatih diving yang pengalamanya sudah lebih dari 20 tahun di dunia penyelaman, ia mengawali karirnya di dunia selam sebagai Open Water Diver pada tahun 1997. Tidak sampai disitu Alvin pun mengembangkan karirnya dengan mengambil Advanced Diver, Rescue Diver, Dive Master, EFR Instructor, Enriched Air, Open Water Scuba Instructor selama sepuluh tahun diawal kariernya hingga pada tahun 2015 berhasil mengemban predikat Master Scuba Diver Trainer. Kepiawaian Alvin sebagai Instruktur scuba memberanikan dirinya untuk membuka sekolah diving sendiri yang dia beri nama Oceanstar Dive Center, setelah sebelumnya menjadi Co-Owner Manta Point Divers Indonesia sebuah usaha yang menyediakan peralatan dan perlengkapan diving bagi penyelam di setiap level. Oceanstar Dive Center adalah sekolah yang diperuntukan kalangan yang memiliki aktivitias padat sehingga menyediakan kelas dengan waktu yang fleksibel. Kecintaanya kepada dunia diving dan keindahan laut Indonesia, membuka ide-ide wirausaha agar dapat memperbanyak lapangan pekerjaan dan menjaga ekonomi wisata laut tetap hidup.

KONTAK

Telp/whatsapp. +62811 827 809
email. alvinarselan@oceanstardive.com ; alvin.arselan@gmail.com
instagram. @alvinarselan @oceanstar_dive
FB. Alvin Arselan

_____________________________________

KETUA BIDANG HUKUM

CHANDRA ADHISURYA N.
Kontak : +62813 1819 0241 – chandra.adhisurya@gmail.com

Chandra adalah pengacara dan praktisi hukum yang telah memiliki pengalaman lebih dari 10 tahun di bidang hukum korporasi dan penanaman modal. Pria yang juga menjadi Kepala Divisi Legal untuk kapal wisata selam LOB Velocean dan beberapa perusahaan pariwisata lainnya, dirinya berharap dapat berkontribusi kepada PUWSI dalam memberikan sosialisasi dan pemahaman terkait hukum khususnya dalam bidang wisata selam, agar setiap anggota dari PUWSI dapat diberikan edukasi mengenai pentingnya pengetahuan mengenai hukum dalam menjalankan kegiatan usahanya.

KONTAK

Telp/whatsapp. +62813 1819 0241
email. chandra.adhisurya@gmail.com
Instagram. @chandra828 @veloceanliveaboard
FB. Chandra Adhisurya Nataatmadja

_____________________________________

KETUA BIDANG USAHA

SAMMY MARANATHA
Kontak : +62812 8206 5011 – hollisjava@gmail.com

Sammy Maranatha adalah seorang CEO yang dikenal banyak menggeluti usaha di berbagai bidang. Seperti menjabat di PT. Delta Teknologi Indonesia perusahaan yang bergerak dalam bidang bisnis teknologi Informasi dan Telekomunikasi. Berfokus terhadap perawatan hardware dan telecommunication device seperti Industrial GSM Modem. Saat awal mulanya berdirinya perusahaan tersebut Sammy terbiasa bekerjasama dengan Enterprise, Corporate Project, dan Pemerintah. Selain itu, Sammy juga pandai membranding perusahaan yang dia pegang. Berdasarkan pengalamanya, Sammy mengembangkan usaha lainya dengan menjadi distibutor wine melalui PT. Tirta Wira Libera yang menjalakan usahanya dengan memperlakukan mitra dan pelanggannya seperti keluarga. Antusias Sammy pada laut Indonesia khususnya wisata bahari Indonesia sekaligus kesenanganya dengan aktivitas alam terbuka menjadikan diving sebagai profesi barunya, ia pun mendirikan PT. Samudra Selam Indonesia yang memberikan jasa yang berfokus pada perjalanan wisata selam.

KONTAK

Telp/whatsapp. +62812 8206 5011
email. hollisjava@gmail.com
Instagram. @sammy_maranatha
FB. Sammy Maranatha

_____________________________________

KETUA BIDANG LINGKUNGAN

ADITYA HERTOWO
Kontak : +62812 9900 01683 – ahartowo@gmail.com

Adhitya Hartowo atau lebih akrab disapa Ditto adalah instruktur selam PT. Kristal Klear Dive Indonesia. Kecintaannya terhadap laut dan lingkungan membuatnya menjadi pecinta lingkungan. Ditto juga aktif di berbagai organisasi nirlaba, termasuk Biorock Indonesia (Jakarta), organisasi yang bergerak di bidang restorasi dan konservasi terumbu karang. Selain menjadi Profesional Selam, Ditto bekerja untuk perusahaan Financial Technology dan dia sering menjadi pembicara di bidang keamanan siber dan teknologi informasi.

KONTAK

Telp/whatsapp. +62812 9900 01683
email. ahartowo@gmail.com
Instagram. @digidamdigidum @kristalkleardive

_____________________________________

KETUA BIDANG PENELITIAN DAN PENGEMBANGAN

CANDI WIDJAYA
Kontak : +62815 1999 0622 – wijayac@gmail.com

Jika kebanyakan orang mengawali kecintaanya terhadap dunia snorkeling dengan menyelam lautan tropis. Tetapi berbeda dengan Chandi, dinginya lautan Adriatik yang jernih membuatnya cinta dengan aktivitas snorkeling pada saat dia kuliah di Trieste Italia. Rasa ingin tahu mengenai panorama bawah laut di balik birunya lautan memutuskan ia untuk meraih sertifikat diving setelah kembali dari Italia. Setelah mendapatkan sertifikasi diving di Gili Trawangan pada tahun 2009, kegiatan diving menjadi hal rutin disela – sela kesibukan pekerjaanya, ia pun rela menghabiskan waktu liburnya dengan mengambil kursus lanjutan hingga pada tahun 2014 ia pun berhasil meraih Instruktur dari PADI, dan Sampai sekarang ia aktif mengajar diving untuk berbagai tingkatan dan spesialisasi di Jakarta Diving School. Disela kesibukannya juga Chandi sedang menyelesaikan Master Thesisnya dalam bidang pedagogi.

KONTAK

Telp/whatsapp. +62815 1999 0622
email. wijayac@gmail.com

_____________________________________

KETUA BIDANG HUBUNGAN MASYARAKAT

CHRISTIE INGRID NATALIA
Kontak : +62812 8646 7744 – chwistie212@gmail.com

Christie Inggrid Natalia mempunyai latar belakang sebagai Public Relations dan telah berpengalaman dalam bidang hotelier dan event organizer selama 13 tahun. Event yang Christie Kelola diantaranya kegiatan internasional dan mengundang turis asing berwisata ke Indonesia. Christie pertama kali jatuh cinta dengan keindahan bawah laut di Indonesia ketika ia mulai mengembangkan wisata bawah laut di Nusa Tenggara Timur pada tahun 2009. Saat mengembangkan wisata bawah laut di Nusa Tenggara Christie memulainya dengan membangun networking dan memelihara hubungan yang baik di setiap kabupaten daerah dan juga membantu mempromosikan tempat-tempat wisata di seluruh Indonesia yang belum maksimal promosinya. Melihat keindahan laut Indonesia yang beragam menjadikan cita-cita Christie untuk bisa memajukan industri pariwisata agar semakin dikenal baik di dalam negeri maupun di luar negeri. Melalui PUWSI Christie berharap dapat saling berkolaborasi dengan sesama pengusaha selam dan maju bersama untuk mengembangkan usaha wisata selam di Indonesia.

KONTAK

Telp/whatsapp.+62812 8646 7744
email. chwistie212@gmail.com
Instagram. @chwistie @benettaliveaboard
FB. Christie Inggrid Natalia, Benneta Liveaboard

_____________________________________

KETUA BIDANG INFORMASI, PENGELOLAAN, DAN PENYAJIAN DATA

APRITA PRIMAYUDHA
Kontak : +62811 104 584 – aprita.primayudha@gmail.com

Aprita Primayudha atau yang sering dipanggil Prima telah berkiprah lama di dunia diving keseriusannya dalam menekuni dibidang diving dan kecintaanya kepada dunia laut menorehkan banyak siswa yang telah dibinanya hingga kini. Tiga tahun menjadi pelatih penyelam, Prima pun membuka sekolahnya sendiri yang ia beri nama Nakula Dive tak hanya sekolah penyelam tetapi mengembangkanya sebagai jasa wisata selam di Indonesia salah satunya di Komodo dimana ia tak hanya mengembangkan usaha namun berorganisasi, sebagai Perwakilan Gahawisri Labuan Bajo kiprahnya turut dibuktikan dalam upaya pelestarian dan keberlanjutan usaha wisata selam di Komodo. Profesionalitasnya tidak diragukan ketika ia menjabat sebagai Direktur Amdocs Global Strategic Sourcing yang mengelola sistem dan infrastruktur untuk XL Axiata. Namanya sudah banyak dipercaya sebagai konsultan untuk membangun infrastuktur dan jaringan sistem, beberapa perusahaan yang menjadi klien diantaranya XL Axiata, Indosat dan Biznet. Saat ini melalui PUWSI, Prima ingin berkontribusi pula dalam transformasi dan promosi usaha wisata selam secara digital.

KONTAK

Telp/whatsapp. +62811 104 584
email. aprita.primayudha@gmail.com.